Download Buku Ringkas Hukum Murabahah

oleh

Makalah ini merupakan kumpulan pembahasan mengenai bentuk jual beli muwa’adah beserta hukumnya yang marak dipraktekkan oleh berbagai lembaga keuangan islam dengan istilah “Jual Beli Murabahah lil Amir bisy Syira” (namun lebih populer dengan istilah murabahah-pent).

Didalam Ebook ini, penulis lebih condong mengategorikannya sebagai jual beli muwa’adah karena seluruh bentuk praktek jual-beli tersebut mengandung unsur janji (al wa’du), baik yang wajib dipenuhi dan tidak bisa dibatalkan maupun sebaliknya. Maksud dari pengkategorian ini adalah untuk menghindari kerancuan istilah ‘murabahah’ yang digunakan oleh praktisi ekonomi syari’ah dengan istilah murabahah yang telah ditetapkan oleh para ahli fiqih terdahulu dalam bab Jual Beli Amanah.

Selain itu bentuk jual beli muwa’adah (yang banyak dipraktekkan saat) ini termasuk dalam kategori jual beli salam
secara tunai yang dilarang oleh syari’at sebagaimana tersirat dalam hadits Hakim bin Hizam radliallahu ‘anhuiallahu ‘anhu dan termaktub dalam kitab Zaadul Ma’ad yang akan disebutkan pada pembahasan keenam dan anda akan menjumpai pengkategorian yang tepat bagi permasalahan ini dalam pembahasan kedua.

Pembahasan Buku

  1. Jual beli murabahah berdasarkan terminologi para ahli fiqih terdahulu
  2. Selayang pandang permasalahan kewajiban menunaikan janji.
  3. Menyebutkan berbagai makalah dan tulisan dalam perkara jual beli murabahah lil amir bisy syira’.
  4. Membahas berbagai bentuk jual beli murabahah lil amir bisy syira’.
  5. Menceritakan sebab dipraktekkannya jual beli tersebut.
  6. Membahas hukum bentuk mu’amalah ini.
  7. Memaparkan kesimpulan dari makalah sekaligus menyebutkan ketentuan pokok dalam mengimplementasikan bentuk jual beli murabahah lil amir bisy syira’.

Pembahasan mengenai hal ini, hanya Allah-lah Pemberi petunjuk dan taufik.

Al ‘Allamah Bakr Abu Zaid rahimahullah
Muraja’ah terjemahan : Ust. Abu ‘Ukkasyah hafizhahullah

Tentang Penulis: Azhari

Gambar Gravatar
Seorang sarjana pendidikan yang akhirnya tidak menjadi guru disekolah, tetapi tetap menjadi guru bagi keluarga. Bertugas sebagai editor ceramah.org dan update konten terbaru dari berbagai sumber.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

65 − = 57