Menerima Hadiah dari Orang yang Menggunakan Kartu Kredit

Saya memiliki teman yang secara ekonomi cukup mampu dan sering mentraktir makan atau membelikan kebutuhan-kebutuhan kehidupan untuk saya, namun untuk membayar semua itu beliau menggunakan kartu kredit.

Yang jadi pertanyaan, bolehkah bagi saya untuk memakan atau menerima hadiah atau bantuan bahan-bahan makanan dari beliau?

Pertama, bila anda mengetahui dan jelas dan yakin maka sebagaimana saudari anda ini berbuat baik kepada anda, hendaklah anda berbuat baik kepada dia.

من وصل إليك معروفا فكافأه

“Siapa yang berbuat kebaikan kepada anda maka berilah dia imbalan atau balasan”

Dia telah memberikan hadiah hibah kepada anda, maka berikanlah kepada dia nasehat yang menyelamatkan dia dari neraka Allāh Subhānahu wa Ta’āla.

Saling Menasehati Dalam Kebaikan

Ingatkan dia, bagaimana dia telah berbuat baik, berbuat baiklah kepada dia dan yang paling baik anda berikan untuk dia dan nasehat agar dia meninggalkan perbuatan dosa besar kepada Allāh Subhānahu wa Ta’āla ini.

Tidakkah anda kasihan ketika mengetahui Orang yang baik ini berbuat riba, berbuat dosa besar setiap saat dia berperang dengan Allāh dan Rasūl Nya, dia dibangkitkan nanti di hari kiamat bagaikan orang yang kesurupan dan setiap hari dia melakukan transaksi riba setiap saat itu juga dia sama dengan dosa berzina?

Tidakkah anda kasihan dengan orang yang berbuat baik ini? Maka ingatkan kepada Allāh Subhānahu wa Ta’āla.

Tidak mengapa anda menolak pemberian dia dalam rangka menasehati dia, katakan kepada dia, ”Wahai saudariku, sesungguhnya aku mencintaimu karena Allāh dan aku tidak ingin engkau masuk neraka karena riba yang engkau lakukan ini, adapun barang yang engkau berikan dalam bentuk ini, bukan saya menolaknya, bukan saya mengatakan harām tetapi saya khawatir setiap anda melakukan transaksi ini setiap itu juga anda dimurkai oleh Allāh.”

Semoga Allāh Subhānahu wa Ta’āla memberikan kemudahan bagi kaum muslimin untuk bertaubat kepada Nya dan meninggalkan sesuatu yang diharāmkan oleh Nya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× 7 = 28