Status Gaji Bekerja di Bank Konvensional, Haram!

oleh
Status Gaji Bank Konvensional

Ceramah.org – Banyak orang masih bertanya-tanya tentang bagaimana status gaji yang diterima oleh mereka yang bekerja pada Bank Konvensional. Apakah boleh kita menerima gaji dari Bank konvensional tempat kita bekerja? Atau bolehkan kita bekerja di Bank Konvensional?.

Fatwa para ulama dari berbagai golongan, baik yang berfatwa individu maupun yang berfatwa lembaga, baik yang skala nasional, internasional sejak tahun 1965 muktamar-muktamar para ulama yang membahas tentang permasalahan perbankan mereka semuanya mengatakan, bisa dikatakan ‘ijma bahwa bunga bank baik yang diberikan atau yang diambil oleh bank adalah riba.

Dengan demikian maka bekerja di Bank Konvensional sekurang-kurangnya dianggap oleh Rasūlullāh shallallāhu ‘alayhi wa sallam sebagai pemakan riba atau memberi riba atau (kaatibahu) yang menulis akadnya, para pegawai yang melangsungkan akad riba ini, sekurang-kurangnya menjadi saksi tersebut.

Oleh karena itu sebaiknya bertaubat Kepada Allāh Subhānahu wa Ta’āla dan cari sesuatu yang dihalalkan oleh Allāh Subhānahu wa Ta’āla. Rezeki Allāh maha luas, rezeki Allāh maha luas.

Tidak bisa anda diam di konvensional ini, mungkin ada bisa beralih ke yang Syari’ah nya (lembaga keuangan syari’ahnya) dan disana berusaha untuk agar membuat akadnya sesuai dengan syariat Allāh Subhānahu wa Ta’āla.

Tentang Penulis: Erwandi Tarmizi

Gambar Gravatar
Dr. Erwandi Tarmizi, MA Lahir di Pekanbaru 30 September 1974, menyelesaikan pendidikan S3 jurusan Ushul fiqh, Fakultas Syari’ah, Universitas Islam Al Imam Muhammad bin Saud, 2006-2011

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 4 = 4