Download E-Book 20 Kaidah Dalam Riba

Sebelum membahas tentang kaidah-kaidah dalam riba, kita perlu memahami terlebih dahulu sebuah masalah penting, yakni apa sebenarnya yang dimaksud barang-barang ribawi itu?

Kita katakan, bahwasanya sebagian dari barang-barang ribawi telah diterangkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Dan sebagian yang lain telah ditambahkan oleh para ulama’ karena kesamaan ilat/sebab dengan barang-barang riba yang nabi sebutkan, seperti emas, perak, gandum halus, gandum kasar, kurma, garam dan anggur.

Dalam hadits Ma’mar dalam riwayat Muslim disebutkan bahwa nabi bersabda, “Makanan ditukar dengan makanan harus sama.” Apakah barang-barang ribawiyah itu hanya terdiri dari nama-nama yang nabi sebutkan atau setiap barang yang memiliki sifat seperti barang yang nabi sebutkan?

Begitu kira-kira pembukaan dari E-book 20 Kaidah Paham Riba yang bisa antum download secara gratis, dan tentunya berpahala jika disebarkan secara luas. E-Book “20 Kaidah Paham Riba” karya Dr. Khalid Al Musyaiqih diterjemahkan oleh Tim Direktori Islam dan didistribusikan kembali oleh Tim @belajartauhid secara gratis. Diizinkan kepada berbagai pihak untuk menyebarluaskan E-Book ini kepada kaum muslimin tanpa tujuan komersil. Semoga E-Book ini bermanfaat bagi kaum muslimin dan menjadi amal shalih yang memperberat timbangan kebaikan kita semua.

Berikut 2 contoh kaidah yang dibahas dalam E-book 20 kaidah paham Riba tersebut

  1. Setiap barang yang jenis dan ilatnya sama maka boleh ditukarkan dengan berdasar pada dua syarat; yaitu sama banyaknya dan tunai.
  2. Setiap barang ribawi yang ilatnya sama namun berbeda jenis barangnya apabila hendak ditukarmaka disyaratkan harus tunai atau langsung diserah terimakan.

Ingin mengetahui lebih detail? silahkan download ebook lengkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 × 2 =