Kriteria Barang yang Boleh di Gadaikan

Tanya JawabKatagori: MuamalahKriteria Barang yang Boleh di Gadaikan
Ibrahim asked 2 tahun ago

Ustdz, adakah ketentuan dari syariat Islām terkait dengan jenis barang yang boleh atau bisa digadaikan.

Apakah barang elektronik yang saat ini ada yang tentunya harganya bisa berubah-rubah dari waktu ke waktu bisa kita gadaikan.

Mohon nasehat dan penjelasannya Ustdz.

1 Answers
Erwandi Tarmizi Staff answered 2 tahun ago

وعليكـمــ اﻟسّلامــ ورحمـۃ اﻟلّـہ وبركاتہ

Jazākallāh Khayran kepada Ibrāhim yang bertanya tentang apa kriteria tentang barang yang boleh digadaikan. Ada dijelaskan oleh para ulamā

kullu maa jaaza bai’uhu jaaza rahnuhu

(setiap barang yang boleh dijual-belikan, boleh dijaminkan).

" Setiap barang yang bisa (memenuhi syarat) dijual belikan diperjual belikan maka barang tersebut bisa digadaikan"

Apa pun jenis barangnya yang bisa diperjual belikan, barang elektronik termasuk barang yang bisa diperjual belikan. Maka boleh dia digadaikan.

Adapun fluktuasi harganya turun naik harga barang elektronik dengan cara cepat tentu akan kita perkirakan bila anda sebagai penerima gadai, kita perkirakan berapa lama waktu gadainya dan dalam waktu itu, (dalam hal ini, pent) berapa penurunan/penyusutan dari harga barang ini, (tujuanya, -pent) agar hak kita tidak sia-sia dan tidak hilang.

Andai penyusutannya dalam satu tahun sampai 50%, maka ketika kita memberikan pinjaman atau melakukan akad memberikan utang selama satu tahun kita minta barang gadai tersebut seharga 200% dari jumlah utang, agar selamat kita dari kerugian (untuk menyelamatkan hak kita)

In syā Allāh tidak masalah dalam hal ini.

وبالله التوفيق